Reza Tehusalawany:
Pemimpin yang Transformatif: Mimpi atau Realitas?

Mengalami Pembaharuan Budi

Paulus menuliskan hal penting dalam ayat ke-2 dari Roma 12 yaitu : “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna” (NIV Study Bible: “Do not conform any longer to the pattern of this world, but be transformed by the renewing of your mind. Then you will be able to test and approve what God’s will is-His good, pleasing, and perfect will). Melalui ayat ini kita melihat bahwa transformasi dimulai dengan pembaharuan budi atau pikiran.

Paulus memahami kecenderungan manusia adalah mengikuti pola dunia. Bagaimana pola dunia itu? Pola dunia itu berkubang pada dosa yang membuat terikat pada dunia yang jahat (Gal 1:4). Pola dunia itu berwujud dalam “keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup” (I Yoh 2: 15-17). Pola dunia akan membuat manusia tidak dapat memahami kehendak Allah. Maka untuk tidak mengikuti pola dunia dan dapat memahami kehendak Allah, Paulus menganjurkan terus melakukan pembaharuan budi atau pikiran. Paulus tahu pikiran manusia itu begitu keras dan kaku untuk menerima dan melakukan perubahan. Lihatlah bangsa Israel yang terus mengalami kebaikan Allah, tapi terus juga melakukan pembangkangan terhadap Allah.

Hanya ketika manusia memberi diri sebagai persembahan yang hidup pada Allah (Rom 12:1), maka Kristus memampukan manusia mengalami pembaruan pikiran (budi) itu. Kita akan terus mengalami pembaharuan. Suatu pembaharuan yang akan membuat kita terus segar, terus hidup dalam kesukaan yang luar biasa, terutama terus mengerjakan kehendak Tuhan di bumi ini. Kita akan menjadi orang Kristen yang terus “segar, fleksibel dan siap mengikuti pimpinan Roh Kudus”. Bukan menjadi orang Kristen yang “beku, kering, mati dan tidak bisa berubah lagi”. Disini kita akan melihat dua tipe orang Kristen: (1) orang Kristen yang tidak bisa berubah, kaku, beku, mati, karena mengikuti pola dunia, (2) orang Kristen yang terus mengalami transformasi semakin lama semakin mirip Penciptanya, karena mengijinkan dan mengalami pembaharuan Tuhan.

Tinggalkan Balasan

SURVEI PEMILU
Isi Survei Pemilu Majalah Dia yuk!
Klik di di sini