Ir. Lukas Tersono Adi:
Transformasi Masyarakat di Bidang Kewirausahaan

Kewirausahaan di berbagai bidang

1. Pemberdayaan Jemaat Bidang Pertanian Terpadu

Mengambil contoh bidang pertanian dimana telah menghidupi sedikitnya 60% penduduk Indonesia, maka perlu digalakkan pertanian organik yang berbasis ramah lingkungan, karena tanah yang semakin rusak oleh pestisida dan pupuk kimia. Program pemberdayaan petani dimulai dengan sistim pertanian terpadu yang pernah dijalankan semasa Menteri Pertanian Bungaran Saragih. Dimana kelompok tani dengan lahan garapan untuk becocok tanam didampingkan dengan ternak sapi untuk pupuk kandangnya atau kandang ayam. Difersifikasi lahan bisa dibuat kolam ikan yang di atasnya untuk kandang ayam. Keluarga mendapat penghasilan dari lahan, sapi, kolam ikan dan ayam.

Sebagai contoh komoditas yang masih terbuka luas kesempatan untuk digeluti sebagai usaha keluarga adalah sebagai berikut:

  • Komoditas kedelai, dimana keperluan kedelai nasional hingga saat ini masih setengahnya dari yang dibutuhkan.
  • Komoditas ayam organik, belum banyak, meskipun produk ayam organik di super mall relatif tinggi karena ikon kesehatan.
  • Komoditas ikan air tawar (Lele), sedang digalakkan untuk meningkatkan gizi masyarakat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
  • Komoditas padi organik (beras organik), sedang in dan belum jenuh, masyarakat menuntut bahan pokok bebas bahan kimia.
  • Komoditas budidaya nilam (minyak atsiri), dimana serapan internasional belum tercukupi, dan Indonesia termasuk pemasok minyak atsiri dunia terbesar setelah India dan China.
    Kesemuanya itu bisa diwujudkan secara sederhana di lahan yang tidak luas atau di lahan tidur.

Leave a Reply