UPH Sambut Hardiknas:
Mengupayakan Pendidikan yang Mengedepankan Kualitas Spiritual dan Karakter Luhur

Tangerang, BantenDalam rangka menyambut Hardiknas yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2016, Universitas Pelita Harapan (UPH) mengadakan Media Gathering di Karawaci, Rabu (27/4). Acara ini dihadiri oleh Dr (Hon.) Jonathan L. Parapak, M. Eng. Sc. selaku Rektor UPH, Wakil Rektor I Bidang Akademik UPH Connie Rasilim, dan Dekan Global Initiatives Corban University Janine Allen.

Dalam sambutannya, Jonathan mengajak insan pendidikan untuk memikirkan kembali arah pendidikan yang notabene merupakan pilar kemajuan bangsa. Hal-hal yang perlu dipikirkan, antara lain, meskipun tujuan pendidikan untuk mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di kancah internasional bukanlah sesuatu yang salah, namun benarkah tujuan hidup manusia hanya untuk bersaing? Dan ketika banyak yang berpendapat bahwa pendidikan bertujuan untuk menguasai iptek, insan pendidikan perlu memikirkan kembali apa sebenarnya tujuan dari penguasaan iptek tersebut. Oleh karenanya, pendidikan secara holistis yang tak meninggalkan nilai-nilai spiritualitas dan karakter luhur sementara mengejar penguasaan iptek dengan fokus kepada manusia perlu diperjuangkan agar menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi secara maksimal bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam siaran persnya, UPH menyatakan bahwa telah menghasilkan lebih kurang 1.300 guru yang tersebar di pelosok Indonesia melalui Program Pendidikan Guru Fakultas Pendidikan. Di bidang media, UPH memiliki Fakultas Desain yang bertujuan untuk menghasilkan sineas, produser, dan pekerja seni yang mampu menghasilkan karya yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Pada tanggal 15-17 Juni mendatang, UPH bekerja sama dengan Biola University dan Corban University akan menyelenggarakan Konferensi Internasional Pendidikan Kristen dengan tema “Finding Our Place in the Biblical Story”. Ini merupakan konferensi kedua setelah konferensi pertama yang diselenggarakan pada bulan November 2013. Seminar ini menghadirkan pembicara kunci dari pakar pendidikan dan media, antara lain: Dr. Michael W. Goheen, Director of Theological Education, Missional Training Center, Phoenix AS, dan Dean Yamada, professor di Biola University, Cinema and Media Arts (CMA) department, yang fokus pada produksi dan pasca-produksi film. (ays/uph)

Leave a Reply