Batara Pane:
Christianity in Action (Yakobus 4)

Your Desires
Mari kita pusatkan perhatian, kepada surat Yakobus pasal 4. Pasal ini dimulai dengan pertanyaan, “What causes fights and quarrels among you?” Yakobus mulai dengan tema “peperangan”, tetapi bukan peperangan antar bangsa, tetapi “peperangan” yang terjadi di antara orang Kristen. Sungguh kontras, bila kita bandingkan dengan apa yang dinyanyikan oleh Daud dalam Mazmur 133:1 “Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!”

Yakobus melihat telah terjadi perselisihan di antar orang-orang Kristen Yahudi. Perselisihan terjadi karena perbedaan ekonomi (orang kaya dihormati, sedangkan orang miskin dihina – Yakobus 2:1-9), perbedaan status pekerjaan (tuan tidak menghargai – memberi upah – buruhnya dengan sepantasnya – Yakobus 5:1-6), banyak yang ingin jadi pengajar – mempertengkarkan kedudukan mereka di dalam jemaat (Yak.1:19-20. 3:13-18), dan saling memfitnah serta menghakimi (Yak.4:11-12).

Apa penyebab semuanya ini? “Hawa nafsumu – your desires”, kata Yakobus. Hawa nafsu ini berjuang di dalam diri jemaat – that battle within you. Di dalam diri jemaat terjadi “peperangan”. Memang di dalam Kristus, orang-orang Kristen Yahudi telah menerima hukum Kristus, tetapi jemaat masih ada di dalam tubuh yang fana ini (beserta segala keinginannya), seperti yang disinggung Paulus kepada jemaat Galatia dalam Gal.5:17, “Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawana dengan keinginan daging – karena keduanya bertentangan – sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki”.

Peperangan di dalam, mengakibatkan perselisihan di luar. Mereka menginginkan sesuatu, tetapi tidak memperoleh apa yang mereka inginkan, lalu mereka bertengkar dan berkelahi; bahkan mereka berdoa juga, tetapi mereka tidak memperoleh apa-apa, karena mereka berdoa dengan motivasi yang salah, yaitu ingin memuaskan hawa nafsu mereka.

Tinggalkan Balasan

SURVEI PEMILU
Isi Survei Pemilu Majalah Dia yuk!
Klik di di sini